Ads 468x60px

Labels

Minggu, 20 Juli 2014

Bagaimana Berhari Raya Jadi Menenangkan Dalam Suasana Sulit

 Tinggal mengkalkulasi hari umat muslim di semua dunia merayakan hari lebaran. Perjalanan beribadah puasa Ramadhan sudah masuk minggu ke empat. Sesudah menahan lapar serta dahaga sepanjang sebulan penuh, Allah SWT berikan keceriaan untuk umat Islam dengan hari raya Idul Fitri, hari di mana umat Islam di semua dunia merayakan kemenangan, sesudah melalui kesusahan.

“Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. ” Begitulah perumpamaan puasa serta lebaran yang kerap orang-orang serukan. Puasa untuk jembatan yang terjal untuk mencapai hari kemenangan, yaitu hari lebaran.

Hari lebaran jadi momentum yang pas untuk beberapa orang muslim untuk sama-sama bermaaf-maafan serta silaturrahim dengan sanak saudara, kerabat, rekan maupun beberapa orang yang sempat bersinggungan dengan orang itu. Baik dengan cara segera ataupun tak segera.

Idealnya, hari kemenangan disambut senang dengan melepas beban-beban yang ada. Karena, kemenangan yaitu suatu hal yang tidak terkira untuk beberapa orang. Serta kemenangan itu tak lagi didapat sehari-harinya. Seperti hari raya Idul Fitri ini. Hari raya Idul Fitri cuma ada satu kali dalam setahun. Itu juga mesti lewat sistem beribadah puasa sepanjang sebulan penuh.

Kegelisahan Mendekati Lebaran

Walau demikian, penulis kerap menjumpai orang muslim yang rasakan hari lebaran dengan suka ria hanya beberapa orang yang berduit. Untuk orang-orang muslim di Indonesia yang terhitung dalam kelas bawah, tak seutuhnya dapat rasakan hari kemenangan. Pasalnya, mereka senantiasa dihantui dengan kebutuhan-kebutuhan lebaran yang naik dengan cara penting. Sedang pendapatan mereka tak seimbang dengan pengeluaran untuk hari lebaran.

Kegelisahan mereka berlangsung lantaran pengalaman pada tahun-tahun pada awal mulanya. Di mana harga keperluan mendekati lebaran senantiasa meningkat. Pengeluaran mendekati lebaran jadi beban sendiri untuk mereka yg tidak bergelimpang harta. Karena, orang-orang senantiasa memaknai hari lebaran dengan suatu hal yang serba baru. Lebaran tak afdlal bila tiada pakaian baru serta makanan maupun kue khas lebaran. Walau sebenarnya, arti dari hari lebaran tidaklah seperti itu. Pakaian baru terutama yang dijual di toko baju online, meski hargana tidak terlalu mahal namun bagi orang Indonesia yang kebanyakan sedang sulit ekonominya tetap tidak terjangkau.

Kebiasaan Jadi Beban

Di hari lebaran, yang terutama yaitu hati yang baru. Tujuannya, hati yang bersih dari penyakit hati yang sudah memberi warna hembusan nafas kita sepanjang setahun paling akhir.

Tetapi, orang-orang mempunyai kebiasaan yang harus ada waktu hari lebaran tiba. Seperti mempunyai beberapa barang yang baru, terlebih dalam soal tampilan. Tanda-tanda sekian, kerap penulis temui pada diri wanita serta anak-anak. Barangkali untuk beberapa orangtua tetap dapat menahan nafsu konsumtif mereka. Walau demikian, untuk anak-anak pakaian baru adalah suatu hal yang harus mereka peroleh di hari lebaran. Hingga, bagaimanapun langkahnya beberapa orangtua mesti memiliki duit untuk sebatas membelikan pakaian untuk anak-anak mereka.

Bukan sekedar keperluan untuk tampilan saja. Pengeluaran ketika lebaran meningkat dengan cara penting apabila di banding dengan hari-hari umum. Di hari lebaran, kebiasaan yang berlaku di orang-orang Indonesia yakni open house. Yaitu, menjamu seluruhnya keluarga, kerabat serta tetangga yang datang untuk silaturrahim. Hidangan yang di sajikan juga bukan sekedar satu atau dua, namun beragam. Ini dikerjakan untuk sinyal terimakasih tuan rumah pada beberapa orang yang sudah menyempatkan saat bersilaturrahim dengannya.

Diluar itu, kebiasaan untuk beberapa perantau yang seolah jadi keharusan mereka yaitu mudik lebaran. Mudik yaitu satu kebiasaan pulang kampung sebagai keperluan untuk tiap-tiap umat Islam Indonesia pada Hari Raya Idul Fitri. Mengingat orang-orang kita yang beberapa besar yaitu perantau, maka, kebiasaan pulang kampung ke rumah orangtua yaitu satu keharusan untuk mereka. Walau kebiasaan sungkeman pada orangtua dapat di kerjakan melalui lewat telephon atau sebagainya, namun kesakralan kebiasaan sungkeman tak afdlal bila tak dikerjakan dengan cara segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar