Ads 468x60px

Labels

Rabu, 12 Februari 2014

Haruskah Asuransi Jiwa Bersanding Dengan Unit Link

    Asuransi jiwa di jaman sekarang sudah tidak asing lagi sehingga asuransi menjadi sesuatu yang sangat familiar dilakukan oleh setiap masyarakat modern. Bahkan kemudahan setiap orang untuk melakukan asuransi ini bisa juga dengan investasi untuk menambahkan dana diluar dari jumlah asuransi yang anda beli. Investasi yang bersanding dengan asuransi seperti ini dinamakan unit link dan selalu berdampingan dalam situasi apapun. Tapi pertanyaannya adalah seberapa pentingkah asuransi ini bersanding dengan unit link? Untuk jawabannya sendiri tentunya tidak baku karena antara asuransi dan unit link memiliki kelebihan yang hampir sama yaitu untuk simpanan dana dimasa depan. Tapi jawaban yang lebih spesifik tentunya ada disetiap diri masing masing pemegang polis karena asuransi adalah sebuah kebutuhan untuk jaminan hari tuanya dan asuransi pun merupakan simpanan dana masa depan yang layak anda lakukan tapi tentunya dengan konsekwensi aturan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada masing masing pemegang polis.

    Tapi ada hal yang harus anda perhatikan, bahwa bersandingnya asuransi dengan unit link tentunya premi yang harus dibayar setiap bulan pun akan bertambah bahkan penambahannya hingga 1/5 hingga lebih dari dana simpanana asuransi yang normal. Hal ini yang harus menjadi pertimbangan oleh pemegang polis karena jika anda memiliki dana yang tersisa tidak terlalu besar, tentu akan menjadi beban tersendiri karena mungkin akan dirasa terlalu mahal. Tapi untuk hasilnya diakhir kontrak nanti, asuransi dan unit link atau investasi ini akan sangat terasa sesuai dengan porsi tanggung jawab yang telah anda penuhi setiap bulannya. Namun, ada hal yang jauh lebih mudah melakukan investasi sebagai persandingan asuransi yang disediakan oleh unit link ini yaitu dengan model reksadana. Tapi untuk melakukan hal ini tentunya harus melakukan pertimbangan yang cukup ketat dan lebih teliti sehingga anda tidak salah memutuskan asuransi bersanding dengan investasi.

    Hal hal yang harus diperhatikan ini adalah seberapa perlu anda mengambil investasi untuk bersanding dengan asuransi. Jika anda menginginkan kemudahan karena memiliki instrumen yang sama dengan asuransi, maka cara ini tentunya lebih efektif dan akan membuat anda tidak ribet. Tapi jika anda memiliki persepsi dan lebih suka memilih asuransi tanpa harus bersanding dengan investasi, anda pun harus memiliki banyak alasan untuk hal ini. Hal lainnya yang mungkin bisa menjadi pertimbangan pada saat anda menyandingkan asuransi dengan investasi ini adalah tidak perlunya anda membayar lagi komisi kepada agen serta biaya biaya administrasi yang tentunya akan selalu ada pada setiap anda melakukan apapun dengan asuransi dan dengan investasi. Jika anda memisahkan asuransi ini dengan unit link tentunya biaya administrasi pun akan dikenanakan pada masing masingnya. Kelebihan lainnya adalah bahwa, walaupun anda memilih unit link yang berdampingan dengan asuransi, tapi anda bebas untuk memilih instrumen investasi di luar dari yang telah tersedia. Dengan demikian, anda dapat memutuskan apakah anda akan menyandingkan asuransi ini dengan investasi atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar