Ads 468x60px

Labels

Sabtu, 03 Mei 2014

Asuransi Mobil Tidak Menanggung Semua Risiko

Asuransi Mobil Yang Jelas Dan Pasti : Asuransi mobil pada dasarnya melindungi mobil secara utuh yang dilakukan dengan dua jenis perlindungan yaitu melindungi segala risiko dan melindungi risiko sebagian saja tapi ada beberapa risiko yang tidak dilindungi oleh perusahaan asuransi walaupun anda mengambil jenis asuransi yang dapat melindungi mobil seluruhnya. Hal hal seperti ini tentunya harus anda ketahui agar anda tidak mendapatkan masalah akibat kesalahpahaman atau tidak mendapatkan informasi sehingga anda akan merasa dirugikan padahal sebenarnya hal tersebut memang sudah menjadi ketentuan. Pada dasarnya tujuan dari perusahaan asuransi ini adalah memberikan pertanggungan dan memberikan jaminan. Hal ini tentunya akan sangat membantu terlebih lagi pada saat terjadinya bencana alam atau pada saat mobil mengalami kecelakaan. Diluar itu, nasabah juga memiliki tanggung jawab sendiri pada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau dikenal juga dengan Own Risk yang familiar dengan sebutan OR.


    Own Risk atau OR ini merupakan sejumlah kerugian yang wajib ditanggung jawab oleh pemilik kendaraan atau nasabah pada saat dilakukan klaim. Untuk jumlah nominalnya sendiri tentunya akan berbeda beda namun akan ditentukan berdasarkan polis yang dibayar. Jika kita hitung hitungan tentang jumlahnya, logikanya pada saat pada saat premi yang harus dibayarkan ini rendah, maka OR yang harus dibayar nantinya tinggi. Begitu pula sebaliknya pada saat premi yang anda bayar tinggi maka OR yang akan dibayar nantinya pun akan rendah. Tapi secara umum, OR ini berlaku untuk kecelakaan fisik dan tidak berlaku pada saat terjadi kerugian yang sifatnya non fisik. Kecelakaan non fisik ini misalnya terjadi tuntutan hukum. Walaupun asuransi ini merupakan perlindungan yang dapat melindungi kendaraan anda sesuai dengan pemilihan jenis asuransinya, tapi anda tetap memiliki tanggung jawab untuk selalu berhati hati terhadap mobil anda sendiri agar anda tidak menanggung risiko dengan risiko yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Selain itu, OR ini dilakukan untuk menhindari kerugian kerugian dengan volume yang kecil. Karena jika kerugian kerugian yang volumenya kecil ini dibiarkan maka lama kelamaan akan menjadi besar volumenya.


    Maka dari itu, walaupun anda mengasuransikan mobil anda bahkan dengan asuransi yang menyeluruh tapi anda harus berhati hati karena ada beberapa risiko yang anda tanggung sendiri. Dengan demikian, keuntungan akan dirasakan oleh kedua belah pihak yaitu pihak perusahaan asuransi dan pihak nasabah. Pihak perusahaan asuransi akan mendapatkan potongan dari total kerugian yang harus dibayar dan nasabah akan diuntungkan dengan jumlah premi yang harus dibayarkan lebih rendah. Untuk nilai OR-nya sendiri, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing masing sehingga anda harus mengecek pada masing masing perusahaan asuransi. Jadi anda tidak akan kaget lagi jika nanti pada saat klaim, jika anda harus merogoh kocek untuk membayar Own Risk ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar